Waspada, Ternyata Ada Bahaya Mengintai Dibalik Wadah Plastik

Related image

Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang untuk menyimpan makanan serta minuman.

Dalam memilih wadah plastik yang akan digunakan, memang harus lebih selektif.

Terutama jika memilih wadah makanan untuk anak-anak. Ternyata ada bahan-bahan plastik yang diketahui berbahaya bagi kesehatan dan sebenarnya tidak diperbolehkan untuk menyimpan makanan atau minuman.

Ada beberapa bahan plastik yang dicurigai bisa menimbulkan masalah hormon karena masuk ke dalam tubuh melalui partikel-partikel kecilnya. Partikel tersebut bisa terlepas saat terkena panas dari makanan atau minuman.

Bahan plastik yang dicurigai menyimpan bahaya antara lain polystyrene (styrofoam), polivinil klorida, dan plastik polikarbonat.

Untuk itu dalam memilih wadah plastik perhatikan kode-kode di bawah kemasannya. Hindari yang berlogo atau bertuliskan polistirena (# 6), polivinil klorida (# 3), dan polikarbonat (# 7) untuk menyimpan makanan. Kemungkinan besar wadah tersebut bisa melelehkan zat kimia berbahaya yang kemudian tercampur pada makanan atau minuman.

Lebih baik gunakan kertas untuk membungkus atau wadah keramik. Dalam memilih kemasan plastik untuk bayi dan anak-anak, cari yang tidak mengandung bisphenol A (BPA) atau sering tertulis BPA free. Pasalnya zat kimia tersebut dalam beberapa penelitian diketahui bisa memicu gangguan endokrin.

Dalam memilih kemasan untuk menyimpan air, lebih baik pilih botol berbahan logam. Botol-botol plastik yang biasanya mudah tergores, rusak dan membuat partikelnya mencemari air minum yang ada di dalamnya.

Leave a Reply