Waspada! Inilah Modus Pencurian Smartphone Zaman Now

Related image

Untuk menghindari diri menjadi korban pencurian smartphone, kamu harus selalu berhati-hati dan mengetahui modus pencurian yang biasa dilakukan oleh si pencuri.

Berikut adalah beberapa modus pencurian yang biasanya dilancarkan oleh penjahat.

1. Mengalihkan Perhatian Korban

Untuk bisa merebut smartphone seseorang, pencuri biasanya menunggu korbannya lengah. Caranya dengan mengalihkan perhatian calon korban, misalnya dengan membuat gerakan aneh atau menjatuhkan suatu benda di depannya. Kalau perhatian korban sudah terpecah, biasanya pencuri dengan cepat mengambil smartphone korban.

2. Ngajak Ngobrol Korban

Mengajak ngobrol korban adalah bentuk lain dari mengalihkan perhatian korban. Biasanya modus ini dilakukan di tempat umum, dalam bentuk menanyakan waktu, minta tolong memegangkan sesuatu, dan lain-lain. Begitu korban lengah, si pencuri langsung mengambil smartphone korban lalu menghilang.

3. Menyembunyikan Tangan

Contohnya saja, saat berada di angkot yang penuh, pencuri menyembunyikan tangan mereka di bawah tas lalu merogoh tas calon korban untuk mendapat smartphone.

Modus ini juga bisa diterapkan di commuter line, yakni saat si korban sedang berdesak-desakan dan tidak sadar ada orang yang telah mengincar smartphone-nya.

4. Jambret

Pasti kamu sudah tau ada pencuri yang menggunakan modus jambret, yakni mendekati korban yang asik main smartphone, merebut paksa, kemudian lari secepat mungkin.

Meski modus ini sudah jamak dilakukan di tempat umum, kamu tetap harus waspada agar tidak jadi salah satu korban.

5. Pura-Pura Tabrakan

Modus lain yang biasa dilakukan oleh pencuri adalah pura-pura tabrakan lalu mengambil smartphone korban. Ya, ini memang biasa dilakukan pencuri di film. Meski kelihatannya seperti adegan drama, kamu harus selalu berhati-hati terhadap pencuri yang melancarkan modus semacam ini.

6. Gerombolan Pencuri

Modus pencuri gerombolan dapat ditemui di bus kota atau kereta api. Di bus kota misalnya, para pencuri akan memenuhi pintu bus, memepet korban, lalu diam-diam mengambil smartphone korban.

7. Menunggu Korban Tidur

Pengguna kendaraan umum, pastikan untuk tidak tertidur saat berada di angkutan umum, sebab modus menunggu korban tidur lalu mengambil smartphone juga bisa dilakukan pencuri.

Modus ini terbilang mudah, tapi kamu patut berhati-hati dan pastikan untuk tidak tidur di angkutan umum untuk memastikan keamanan smartphone kamu.

Leave a Reply