Waspada, Inilah Barang di Kamar Anda yang Ternyata sumber Penyakit

Image result for sumber penyakit di kamar tidur

Kamar tidur merupakan ruang privasi yang wajib dijaga kenyamanannya tanpa melupakan faktor kebersihan dan kesehatannya. Namun tahukah Anda bahwa sejumlah barang di kamar berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda?

Penasaran? Berikut adalah daftar barang di kamar yang harus Anda waspadai dampaknya bagi kesehatan Anda.

1. Bantal

Bantal memang memberikan kenyamanan pada saat tidur, tetapi juga bisa jadi sumber bakteri, jamur, dan tungau debu. Bantal yang kotor juga dapat memicu alergi dan masalah kesehatan yang serius. Cuci bantal tiga minggu sekali agar bantal selalu bersih. Pertimbangkan juga membeli sarung bantal hypoallergenic.

2. Tanaman dalam kamar

Anda mungkin berpikir memasukkan tanaman ke kamar dapat memberi nuansa berbeda dan dapat menyegarkan udara. Memang benar, namun perhatikan perawatannya. Terlalu banyak memberi air pada tanaman di dalam ruang dapat menyebabkan akar tanaman membusuk dan berjamur.

3. Hewan peliharaan

Anda yang memiliki hewan peliharaan berbulu, sebaiknya larang hewan untuk berada di kamar lebih lama. Bulu hewan rentan rontok, dan dapat mengotori ruang. Rontokan bulu hewan dalam ruang sangat mungkin terbawa angin dan pada akhirnya terhisap oleh Anda sendiri.

4. Jendela

Jendela kerap menjadi sarang laba-laba jika terus dibiarkan tertutup. Sesekali bukalah jendela kamar Anda. Udara segar sangat penting untuk kesehatan. Konon udara dalam ruangan hampir lima kali lebih tercemar dibanding udara luar.

5. Kasur

Kasur memiliki tingkat kekotoran yang melebihi bantal. Anda dapat melindungi kasur dengan melapisinya menggunakan matras. Matras kasur dapat menahan bakteri dan kotoran agar tidak langsung tersentuh oleh kasur.

6. Karpet

Sebagai tempat membersihkan tapak kaki, karpet tentu menampung banyak kotoran dan debu. Bersihkan dengan vacuum cleaner setidaknya seminggu sekali agar vacuum tetap bersih.

Leave a Reply