Tips supaya Komputer Kamu awet dan tahan lama

1.Bersihkan CPU secara rutin

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menjaga ketahanan komputer adalah dengan membersihkan CPU secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Hal ini dikarenakan jika sebuah CPU tidak pernah dibersihkan dan terlalu kotor maka debu dan kotoran akan menumpuk semakin banyak dan akan beresiko pada tersendatnya internal fan ataupun sirkulasi udara yang berfungsi mengatur temperatur suhu sehingga CPU akan overheat / terlalu panas dan akan berdampak secara langsung pada usia dari perangkat komputer anda.

 

2.Ventilasi yang baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika sirkulasi udara pada CPU sangatlah berperan penting untuk menjaga keawetan dari perangkat komputer anda. Oleh karena itu hindari menaruh komputer dengan posisi yang terlalu menempel dan mepet dengan tembok. Berikanlah jarak sekitar 30 – 40 cm antara komputer dengan tembok agar dapat menghasilkan sirkulasi udara yang baik.

 

3.Aktifkan system restore komputer

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merawat komputer adalah dengan cara mengaktifkan sistem restore, yaitu klik kanan pada ikon desktop komputer kemudian klik properties dan pada tab system terstore pilihlah tulisan ‘Turn off system restore on all drives’, kemudian hilangkan centang yang berada di tulisan tersebut.

 

4.Shut Down komputer sesuai dengan prosedur

Hal yang terkadang sering diremehkan oleh para pengguna komputer / laptop adalah cara mematikan / shut down yang tidak sesuai dengan prosedur.

Hal ini sangat berbahaya pada stabilitas sistem komputer maupun Harddisk dan CPU sehingga apabila hal tersebut terjadi secara terus-menerus akan mempengaruhi usia dari komputer anda.

 

5.Jangan menggunakan akses internet data saat sedang hujan lebat

Memaksakan komputer / laptop untuk terus terhubung dengan koneksi internet saat hujan lebat juga beresiko pada sambaran petir yang dapat mengacaukan jaringan komputer sehingga tak jarang komputer / latop akan mati total secara mendadak

 

6.Uninstall program dan aplikasi tak terpakai

Terkadang hal ini memang terkesan sepele namun tanpa disadari dengan banyaknya aplikasi dan program yang tersimpan dan berjalan pada komputer / laptop dapat mempengaruhi kinerja harddisk yang mana dikarenakan menumpuknya kapasitas memori dari program-program tersebut akhirnya akan memperberat kinerja harddisk.

 

7.Jangan menggunakan laptop di atas kasur

Bermain laptop di kamar dan diatas kasur memang rasanya cukup mengasyikkan. Akan tetapi hal seperti itu sangat tidak baik dan tidak dianjurkan untuk dilakukan, hal ini dikarenakan kasur atau benda lain yang berbahan lembut dan empuk dapat menyerap panas dan tidak membuang panas sehingga panas yang dikeluarkan oleh laptop akan tersimpan dan lama kelamaan laptop anda akan mengalami overheat.

 

8.Jangan menaruh benda di atas laptop

Seringkali hal ini tidak terhindarkan ketika sedang terburu-buru untuk menaruh suatu benda. Dengan menaruh suatu benda diatas laptop terlebih benda itu memiliki bobot yang cukup berat tentu dapat merusak komponen tervital dari laptop yaitu LCD. Hal ini dikarenakan tekanan dari benda diatas layar tersebut yang lama kelamaan akan memunculkan garis putih pada LCD dan kemudian tidak menutup kemungkinan akan mati total.

 

9.Menghidupkan laptop tanpa menggunakan baterai

Banyak orang yang memutuskan untuk mengoperasikan laptop tanpa menggunakan baterai melainkan langsung menghubungkannya dengan charger listrik. Hal ini tentu sangat membahayakan laptop karena tidak menutup kemungkinan jika tegangan listrik yang langsung masuk ke laptop akan unstable / tidak stabil sehingga dapat mempengaruhi komponen-komponen kelistrikan pada laptop.

 

10.Membersihkan debu pada laptop

Usahakan untuk dapat rutin membersihkan laptop dari debu-debu yang menumpuk. Bersihkan debu yang berada pada body laptop, ventilasi saluran udara, LCD, dan keyboard, hal ini mencegah timbulnya penumpukan debu yang dapat menyendat kinerja laptop secara keseluruhan. Terlebih pada area keyboard yang mana beresiko rusak jika tidak dibersihkan secara berkala karena debu dapat menyumbat dan menumpuk di dalam keyboard.

 

11.Jangan menggunakan laptop sampai baterai benar-benar habis / 0%

Ketika sedang menggunakan laptop untuk berbagai keperluan terkadang kita sampai lupa waktu dan laptop pun mati begitu saja karena kehabisan daya baterai. Hal ini tentu sangat merugikan untuk komponen baterai dari laptop anda karena cell-cell di dalam baterai akan melemah dan ketahanannya pun berkurang sehingga memperpendek usia pakai baterai laptop anda.

 

12.Jauhkan benda elektro atau magnetik dari laptop

Menaruh handphone atau benda-benda elektromagnetik lainnya dekat dengan laptop dapat membahayakan komponen di dalam laptop itu sendiri. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang berbenturan diantara benda-benda tersebut dapat menyebabkan gagal fungsi dan mengurangi usia.

Leave a Reply