Tips Hindari Aksi Kejahatan Saat Belanja Online

Related image

Berbelanja online memberikan kemudahan bagi masyarakat memenuhi kebutuhannya. Tak heran, sistem ini banyak dipilih mereka yang terlalu sibuk untuk pergi ke toko konvensional.

Meski demikian, bagi para pengguna aplikasi belanja online diingatkan harus tetap waspada agar tidak menjadi korban penipuan.

Berikut beberapa tipsnya.

1. Saat berbelanja atau melakukan pembayaran secara online, pastikan akses internet Anda aman.

2. Jangan gunakan jaringan Wi-Fi publik atau hotspot saat berbelanja online atau untuk mengakses akun perbankan online Anda. Gunakan koneksi internet 3G atau 4G sebagai gantinya.

3. Pastikan pengaturan keamanan komputer Anda terus diperbaharui.

4. Belanja melalui retailer terpercaya dengan masuk ke situs web mereka daripada mengklik tautan atau unduhan.

5. Berhati-hatilah dengan email yang menawarkan produk diskon atau penawaran barang murah. Jika tawaran produk terlalu murah, email tersebut perlu dicurigai.

6. Jangan pernah mengirim nomor kartu Anda, PIN, atau informasi pribadi lainnya kepada siapapun melalui email! Bank Anda tidak akan pernah meminta password atau PIN lengkap Anda.

7. Jangan pernah melakukan transfer untuk pembelian online kepada pihak yang tidak terpercaya, selalu lakukan transfer pada pemasok yang telah diketahui, atau beli langsung dari agen resmi.

8. Jangan percaya pada panggilan tak dikenal selama perayaan Natal. Bank tidak akan pernah menelepon dan meminta pin atau sandi online banking Anda. Jika ragu, hubungilah bank Anda secara langsung.’

9. Beli tiket online hanya dari situs web terkemuka yang aman. Lakukan pencarian di internet untuk melihat ulasan di acara pertunjukan/olahraga untuk melihat apakah ada orang yang menjadi korban penipuan tiket tersebut.

10. Jangan mengirimkan terlalu banyak informasi pribadi di akun media sosial yang memungkinkan rekening bank atau informasi keuangan Anda disusupi.

11. Jangan simpan kata sandi atau data pribadi / keuangan ke perangkat mobile Anda kecuali jika benar-benar diperlukan, dan pastikan pin smartphone terlindungi.

12. Jangan biarkan bluetooth terbuka di ponsel Anda, karena penjahat cyber bisa masuk ke perangkat  tanpa disadari. Juga, instal perangkat lunak anti-virus dan periksa fitur keamanannya.

Leave a Reply