Putus Cinta?, Inilah Hal yang harus Kamu Lakukan

Ada beberapa tips move on yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari depresi ketika menghadapi kandasnya hubungan asmara. Berikut tips agar Anda bisa bangkit kembali menjalani hidup.

1. Tumpahkan perasaan

Cari waktu untuk menyendiri dan merenungi jalannya hubungan tersebut. Cari tempat yang cocok untuk melepaskan emosi Anda, misalnya di kamar mandi, kamar tidur, atau taman belakang rumah.

Menurut seorang pakar hubungan Audrey Hope, memendam emosi negatif terlalu lama dapat membuat seseorang benar-benar sakit kepala karena stres berlebihan.

2. Belajar mencintai diri sendiri

Banyak orang yang seringkali menyalahkan dirinya sendiri ketika putus cinta. Merasa bahwa kandasnya hubungan asmara adalah akibat dirinya tidak benar-benar berkomitmen, tidak benar-benar mencintai, tidak pantas, dan seterusnya. Pemikiran seperti ini nyatanya berbahaya dan dapat menggerogoti kesehatan mental dalam jangka panjang.

3. Putuskan semua hubungan di media sosial

Anda akan semakin susah untuk move on jika terus-terusan memandangi postingan si mantan di laman Instagram atau Facebook. Atau yang lebih parah, Anda bahkan mungkin tergoda untuk stalking segala gerak-gerik mantan (dan mungkin pacar barunya) di media sosial. Ini adalah kebiasaan yang sama sekali tidak sehat, dan pada banyak kasus, melanggar hak privasi orang lain.

4. Buang barang kenangan

Menurut seorang pakar hubungan Jennifer Spaulding, selain membersihkan hati dan pikiran dari memori yang buruk, Anda juga perlu beres-beres untuk menyingkirkan setiap barang atau foto yang dapat mengingatkan pada dirinya. Ini adalah langkah yang baik untuk menuju kebahagiaan.

5. Jangan bicarakan

Walau mungkin pikiran Anda masih tertuju pada mantan, usahakan agar topik obrolan tidak melulu berputar pada si mantan. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus “menyembuhkan” diri sendiri dari luka lama. Minta teman-teman dan anggota keluarga untuk sama sekali tidak mengungkit nama, membicarakan, atau menanyakan kabarnya untuk beberapa waktu. Biarkan teman-teman dan keluarga mendukung dan memberi Anda waktu move on.

6. Berolahraga

Manfaat olahraga untuk meningkatkan mood dan kesehatan tubuh secara keseluruhan sudah tak perlu disangkal lagi. Daripada bermuram durja menangisi si dia yang tidak akan kembali, pakai kembali sepatu olahraga Anda dan jogginglah keliling taman kota. Atau jika masih ada uneg-uneg yang belum tersalurkan, pergi ke sasana tinju lokal dekat rumah dan pukul punching bag sampai puas.

7. Carilah yang baru

Setelah meluapkan perasaan, bahkan ketika Anda berpikir belum siap untuk mencari cinta yang baru, cobalah untuk terbuka pada orang lain. Keluar rumah dan berkenalan dengan orang-orang baru adalah cara yang terbaik untuk cepat move on dari si mantan, menurut pakar kencan Lori Salkin. Siapa tahu, di luar sana, Anda akan bisa menemukan yang lebih baik dari si dia yang kini telah pergi.

Leave a Reply