Mengejutkan, Inilah manfaat makan Bawang Putih mentah

Jika kamu diminta untuk makan bawang putih mentah, tentu kamu enggan melakukannya sebab bisa menimbulkan atau meninggalkan aroma yang kurang sedap. Padahal makan bawang putih mentah memberikanmu banyak manfaat sehat, lho. Berikut ini adalah manfaat makan bawang putih mentah :

1. Menurunkan risiko kanker

Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

3. Mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi

Kandungan polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

4. Mencegah penyakit jantung

Kabar baik datang dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Dalam penelitian tersebut, diungkapkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

5. Meredakan infeksi, radang, dan pilek

Berbagi penyakit yang cukup umum ternyata bisa diredakan dengan bantuan bawang putih mentah yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Leave a Reply