Jika Kamu Alergi Kosmetik, Inilah bahan alami untuk pertolongan pertama

Penggunaan kosmetik seakan sudah menjadi ritual wajib bagi sebagian besar wanita di seluruh dunia. Fenomena ini semakin memperluas pasar kosmetik dan membuat para perusahaan kosmetik semakin gencar mengeluarkan jenis produk kecantikan baru.

Masalahnya, mencoba kosmetik baru berisiko mengakibatkan alergi. Tidak semua bahan yang terkandung di dalam suatu produk kecantikan cocok untuk setiap jenis kulit.

Inilah bahan alami untuk pertolongan pertama :

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya bisa mendinginkan kulit yang terasa gatal atau terbakar matahari. Juga bisa menenangkan kulit yang mengalami iritasi ringan karena alergi kosmetik.

Timun

 

Timun atau mentimun kaya akan astringent alami. Cairan di dalamnya mampu menyejukkan dam menyegarkan kulit yang bermasalah.

Madu

Berkat kandungan antiseptik, antiinflamasi, dan nutrisi alami yang sangat tinggi, madu dipilih oleh nenek moyang kita untuk mengobati segala masalah pada kulit. Bahkan luka bernanah pun bisa dirawat dengan madu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah lama digunakan sebagai pertolongan pertama untuk kulit yang mengalami iritasi ringan karena sengatan matahari atau tumbuhan gatal. Oleskan saja secukupnya pada kulit yang terasa gatal atau pedih.

Es batu

 

Kulit yang terasa gatal, pedih, dan mengalami ruam pasti akan terasa sejuk jika diusap dengan es batu. Pastikan es batu yang digunakan higienis atau masukkan di dalam handuk bersih dan gunakan untuk mengompres.

 

 

Leave a Reply