iPhone X dan iPhone 8 Bikin Rugi Foxconn

Foxconn, perusahaan yang terkenal sebagai produsen mitra Apple untuk membuat iPhone, dikabarkan mengalami defisit.

Melansir The Verge serta 9to5Mac, keuntungan Foxconn turun secara masif yakni 39 persen di kuartal terakhir 2017 ini. Keuntungan Foxconn disebut hanya 700 juta dollar, turun dari 1,09 milyar di periode yang sama tahun lalu.

Ini adalah penurunan terbesar perusahaan asal Taiwan tersebut sepanjang mereka berdiri.

Hal ini dengan mudah bisa dikambinghitamkan ke Apple yang memiliki masalah produksi iPhone. Foxconn mengandalkan Apple untuk separuh bisnis mereka.

Menurut laporan Bloomberg, Foxconn yang merupakan satu-satunya pemroduksi iPhone , tak mampu memproduksi iPhone X dengan maksimal karena kekurangan komponen. Karena jika bisa memproduksi sebanyak mungkin, Foxconn maupun Apple akan makin untung besar.

Selain itu, biaya operasional juga naik 16 persen karena pembuatan iPhone X jauh lebih rumit dari iPhone sebelumnya. Belum lagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang lebih murah secara biaya operasional dan lebih mudah secara pengerjaan, ternyata tak seberapa laku.

Namun harapan masih besar untuk Foxconn, pasalnya penjualan iPhone X masih akan berjalan terus. Ketika pre-order secara sepenuhnya sudah datang ke tangan konsumen, Foxconn bisa pulih dari keuntungan yang rendah. Terlebih lagi penjualan iPhone X masih akan berjalan di tahun depan.

Leave a Reply