Inilah Tips Untuk Hadapi Kritis di Tanggal Tua

Image result for tips menghadapi tanggal tua

Saat-saat itulah, isi dompet tinggal lembaran pahlawan pejuang kemerdekaan, seperti Pattimura dan Imam Bonjol alias uang Rp1.000 dan Rp5 ribu.

Paling banter isinya ya, tinggal lembaran duit Rp10 ribu. Duh kalau sudah begini, dompet serasa mengandung bawang. Setiap melihat isi dompet, rasanya ingin menangis.

Tips yang pertama adalah menjauhkan diri dari godaan, Ini level yang cukup sulit. Ada saja godaan yang datang setiap berencana untuk ngirit, seperti ajakan teman untuk minum kopi atau film bagus yang baru dirilis di bioskop.

Image result for tips menghadapi tanggal tua

Jika tak ingin kantong jebol, cobalah untuk menjauhkan diri dari godaan yang membuat diri Anda boros. Misalnya, menolak halus ajakan teman untuk minum kopi di kedai ternama dan menahan diri untuk menonton film di bioskop.

Tips yang kedua adalah membuat perencanaan bulanan. Merencanakan keuangan ini gampang-gampang susah. Bisa dibilang gampang jika orang itu bisa menahan diri untuk membelanjakan sesuatu, tetapi susah jika orang tersebut tidak komitmen dengan perencanaan yang sudah dibuatnya. Sia-sia karena dia berbelanja di luar perencanaan keuangan.

Lalu, caranya bagaimana membuat perencanaan bulanan? Masukkan semua pengeluaran kamu setiap bulan, termasuk biaya untuk kumpul-kumpul bersama teman. Dengan begini, punya pegangan dan tahu ketika pengeluaran melebihi bujet, ada godaan yang harus dihindari.

Tips yang ketiga menabung. Menabung merupakan salah satu trik berhemat yang ampuh. Dengan menabung, kamu memberikan batasan kepada diri sendiri agar memiliki pegangan sampai akhir bulan atau pegangan untuk masa depan.

Triknya adalah sisihkan dulu uang sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.  Carilah layanan tabungan yang sesuai kebutuhan. Mulailah berhemat dengan cara menabung.

Leave a Reply