Inilah Tips Merawat Wiper Mobil agar bekerja maksimal saat Hujan

Sedia payung sebelum hujan. Ungkapan ini sangat pas bagi pemilik kendaraan ketika memasuki musim hujan. Sebab, para pemilik mobil wajib melakukan pengecekan kendaraan.

Tak terkecuali pada bagian wiper. Saat hujan, komponen ini dapat berfungsi membasuh air pada kaca sehingga mampu membantu visibilitas pengemudi tetap terjaga.

Hanya saja, terkadang para pemilik kendaraan kerap acuh terhadap wiper. Alhasil, saat hujan datang, fungsi wiper menjadi tidak maksimal.

Ada 4 cara merawat wiper mobil agar tetap berfungsi secara maksimal, antara lain:

Pertama, cek terlebih dahulu kondisi karet wiper mobil. Apabila ditemukan retakan atau karet yang sudah lapuk, sebaiknya langsung ganti bagian karet wiper mobil tersebut.

Kedua, saat membersihkan wiper mobil, jangan mengelap pada pinggiran karet karena di situ terdapat bagian komponen lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya.

Karena itu, jika Anda mengelapnya maka cairan itu akan hilang. Kemudian saat membersihkan sebaiknya untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil .

Ketiga, untuk membersihkan karet wiper mobil, Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di bengkel mobil.

Setelah membelinya Anda dapat tuangkan cairan wiper tersebut bersama dengan air ke dalam sebuah wadah. Lalu gunakanlah untuk membersihkan wiper mobil tersebut.

Periksa secara berkala pada bagian poros wiper. Kamu bisa semprotkan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga agar wiper tetap berkerja dengan lancar.

Leave a Reply