Inilah Makanan yang dapat mencegah Rematik…

Jaman dulu rematik jamak ditemukan pada tubuh mereka yang berusia tua. Namun saat ini semakin banyak saja anak muda yang terkena rematik dan asam urat. Sebenarnya tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan rematik secara total. Sebab rematik dipicu oleh makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah makanan enak yang bisa membantumu untuk mencegah rematik :

1. Ikan


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Diseases menyebutkan bahwa lemak ikan mampu mengurangi risiko rematik lebih dari 50% jika kamu konsumsi secara teratur. Beberapa jenis ikan yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah salmon, tuna, dan mackerel.

2. Kedelai


Kedelai merupakan contoh makanan sehat lainnya yang mampu mencegah rematik. Selain itu makan makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai mampu menyehatkan jantung karena tinggi protein dan serat namun rendah lemak.

3. Minyak zaitun


Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan oleocanthal, yang merupakan senyawa fenolik alami yang memiliki sifat yang mirip dengan non-steroid yaitu obat anti-inflamasi. Oleocanthal sendiri akan menurunkan produksi enzim yang menyebabkan peradangan.

4. Teh hijau


Teh hijau kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan yang mengurangi peradangan dan menghambat kerusakan tulang rawan. Penelitian menunjukkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), suatu antioksidan dalam teh hijau menghambat produksi molekul yang mengakibatkan kerusakan sendi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

5. Produk olahan susu


Mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak seperti susu, yoghurt dan keju meningkatkan kekuatan tulang karena makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghindarkanmu dari rematik.

Leave a Reply