Inilah 5 hal yang harus kamu perhatikan saar pertama kerja

Untuk sebagaian besar mahasiswa tingkat akhir, wisuda adalah tujuan utamanya. Setelah lulus mulailah cari pekerjaan. Dimulai dari mempersiapkan ijazah, trasnkip nilai, kartu keluarga, akte kelahiran, surat lamaran, CV dan SKCK.

Ini lho 5 Hal yang harus kamu perhatikan saat pertama kerja

Tunjukkan Sikap Positif

Hal pertama yang harus kamu lakukan pada hari pertama kerja adalah bersikap positif. Tunjukkan bahwa kamu senang berada di tempat yang baru, sehingga menular ke orang-orang di sekitarmu. Orang-orang akan menganggap kamu nyaman bergabung dalam tim tersebut.

Gunakan Pakaian yang Formal

Walaupun kantor barumu fleksibel dalam hal pakaian, usahakan untuk tetap formal terutama dalam hari pertama bekerja. Kamu bisa bertemu dengan siapa saja pada hari pertama tersebut, seperti bos besar maupun klien penting. Walaupun sebenarnya tidak masalah menggunakan pakaian yang agak santai, namun masih banyak orang yang menganggap bahwa mengenakan kaos untuk pergi bekerja memberikan kesan yang kurang profesional.

Jangan Malu Bertanya

Sebagai orang baru, tidak ada yang mengharapkan kamu akan bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan baik pada awalnya. Tanyakan apa yang belum kamu mengerti, baik kepada rekan kerja maupun atasan. Hal ini lebih baik dibanding jika kamu mengerjakan sendiri tapi dengan hasil yang tidak sesuai, karena kamu malah hanya akan membuang waktu.

Berinisiatif untuk Hal yang Baik

Sebagai karyawan baru, biasanya kamu akan diberikan pekerjaan-pekerjaan yang mudah pada hari-hari pertama kerjamu. Selesaikan pekerjaan tersebut sesegera mungkin dengan baik, dan laporkan kepada atasanmu. Jangan ragu untuk meminta pekerjaan yang lebih menuntut tanggung jawab yang lebih besar kepada atasan. Hal ini akan memperlihatkan gairahmu terhadap pekerjaan baru tersebut.

Kurangi Urusan Pribadi Saat Jam Kerja

Jika kamu punya kesibukan lain, seperti berjualan online, atau menjadi penulis lepas, lakukan di luar jam kerja. Kalau sampai atasanmu tahu kamu mengerjakan kesibukan tersebut di kantor, pada jam kantor, apalagi dengan fasilitas kantor, sangat mungkin kamu akan dicap buruk oleh atasan. Saat di kantor fokuslah hanya pada tugas-tugas kantor. Apa yang ingin kamu lakukan setelah jam kerja, itu terserah kamu.

 

Leave a Reply