Inilah 10 Perusahaan Global terbaik

Lembaga riset Reputation Institute melakukan penelitian terhadap 240.000 perusahaan dari 15 negara.

1. Rolex


Posisi Rolex sebagai merek paling terkemuka di dunia sebenarnya merupakan kejutan dalam survei ini. Merek jam tangan mewah ini telah mengalami kelesuan bisnis tahun lalu setelah menghadapi pasar menurun di China. Sky News melaporkan, konsumen di negara itu membeli jam tangan Swiss 40% lebih sedikit – termasuk Rolex, Swatch dan TAG Heuer – daripada yang mereka lakukan pada 2014.

2. The Walt Disney Company


The Walt Disney Company duduk di posisi 10 besar dalam tujuh kategori dalam survei tahun ini. Menurut laporan the Guardians, Disney Film Studios mengumumkan bahwa mereka akan memboikot Georgia jika negara itu membawa ke dalam hukum RUU terkait The Walt Disney Company.

3. Google


Peringkat Google turun ke urutan ketiga tahun ini setelah menempati posisi kedua pada 2015 dan 2014. Bisnis pencarian iklan telah menjadi lini bisnis penting bagi Google.

4. BMW Group


Peringkat BMW turun dari urutan pertama pada 2015 tetapi tetap memimpin dibanding perusahaan lain asal Jerman seperti halnya Daimler. BMW merayakan ulang tahun ke-100 tahun ini.

5. Daimler (Mercedes-Benz)


Daimler turun dari tempat ketiga ke urutan lima dalam peringkat perusahaan dengan reputasi global tahun ini. Daimler menjual 2,9 juta mobil pada 2015, naik 12% dari tahun sebelumnya. Daimler yang merupakan merek milik Mercedes ini menjadi merek mobil yang paling dekat hubungannya dengan Uber.

6. Lego Group


Lego tetap merek paling terkemuka di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Tahun ini Lego menghadapi kecaman serius setelah perusahaan menolak untuk mengorbitkan artis Ai Weiwei karena persoalan politik. Menurut sebuah laporan Brand Finance, Lego adalah merek yang paling kuat kedua di dunia, setelah Disney.

7. Microsoft


Microsoft telah kembali ke dalam daftar perusahaan dengan reputasi baik setelah terlempar pada 2015. Microsoft tampil sangat baik di pasar tablet dunia mengalahkan Apple. Microsoft diperkirakan menguasai pangsa pasar tablet sebesar 74,6%. Bisnis terbesar perusahaan pada 2016 termasuk sistem operasi Windows, Xbox dan Microsoft Office.

8. Canon


Canon adalah merek paling terkemuka nomor ketiga di Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Salah satu produsen kamera dan printer terbesar di dunia ini telah mengalami perkembangan luar biasa tahun ini. Perusahaan ini baru-baru ini mengumumkan akan membeli unit peralatan medis Toshiba seharga USD6 miliar.

9. Sony


Sony masuk sepuluh besar merek paling terkemuka dari 15 negara yang disurvei. Selain musik, konglomerat Jepang ini juga membuat produk elektronik, menghasilkan film, dan permainan video. Perusahaan ini didirikan pada 1946 oleh Masaru Ibuka.

10. Apple


Dalam tiga tahun terakhir reputasi Apple semakin parah menurut penelitian ini. Peringkat reputasi perusahaan turun dari nomor empat ke tujuh dalam survei tahun 2014. Kemudian turun lagi menjadi peringkat delapan pada 2015, dan sekarang duduk di urutan ke-10. Namun, perusahaan teknologi ini masih dinilai baik dalam inovasi dan kategori kepemimpinan.

Leave a Reply