Ini Lho Penyebab Anak Tak Mau Makan

Anak yang susah makan atau tidak doyan makan menjadi masalah klasik bagi para orang tua. Sebabnya para orang tua berpikir bahwa saat anak tidak doyan makan maka tak ada nutrisi yang masuk ke tubuh sehingga bisa mengganggu kesehatan.

Well, apakah kamu sebagai orang tua tahu faktor apa sajakah yang bisa membuat anak tak nafsu makan? Ini dia penjelasannya.

Konstipasi
Konstipasi menjadi salah satu alasan utama hilangnya nafsu makan. Sebabnya konstipasi membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga nafsu makan menurun secara perlahan.

Cacing usus
Kamu mungkin tidak menyadari bahwa buah hati menderita cacingan hingga gejalanya memburuk. Adanya cacing inilah yang mengakibatkan masalah pencernaan seperti disentri, pembengkakan, pendarahan usus, dan hilangnya nafsu makan.

Anemia
Anak-anak yang menderita anemia biasanya lemah, letih, dan tidak doyan makan.

Depresi
Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stres hingga berujung depresi. Sebab anak-anak pun bisa juga mengalaminya. Hasilnya, nafsu makan jadi turun.

Konsumsi obat-obatan
Terkadang konsumsi obat-obatan yang biasanya diberikan oleh orang tua bisa merampas nafsu makan anak. Contohnya adalah antibiotik. Namun ketika kamu selesai memberikan obat-obatan tersebut dan nafsu makan masih belum kembali juga, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply