Ini Lho Fauna Menakjubkan yang Berasal dari Amazon

Anda mungkin tahu bahwa di Amazon ada ikan Piranha. Namun Amazon lebih dari itu. Keanekaragaman hayati Amazon jadi yang paling tinggi di dunia karena bisa mencapai 40.000 spesies tanaman, lebih dari 400 mamalia, 1.300 burung, hampir 400 reptil, lebih dari 400 amfibi serta sekitar 3.000 ikan air tawar. Dan inilah fauna yang Menakjubkan yang berasal dari Amazon:

1. Lumba-lumba pink Amazon

Lumba-lumba Amazon yang juga dikenal sebagai lumba-lumba pink ini, adalah lumba-lumba air tawar yang berhabitat di sungai Amazon. Lumba-lumba yang punya variasi warna antara putih, abu-abu, hingga pink ini, memiliki 5 spesies berbeda di seluruh sungai dan salah satu yang paling banyak dipelajari oleh para ilmuwan di Amazon.

2. Brazilian Wandering Spider

Anda tak akan mau untuk digigit oleh laba-laba asal Amazon ini. Pasalnya, laba-laba yang suka sembunyi di pohon pisang ini kalau menggigit akan membuat seseorang kesakitan yang luar biasa, kehilangan kontrol terhadap otot dan bisa meninggal. Hingga kini, telah dilaporkan 14 orang meninggal karena laba-laba ini.

3. Arapaima

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, yang bisa tumbuh sepanjang 3 meter dan bobot 180 kilogram. Ia adalah ikan yang cukup mudah untuk ditangkap manusia karena kebutuhannya untuk bernapas di atas air dan mencari mangsa berupa burung.

4. Serangga berkepala kacang

Jika ada kontes binatang teraneh, mungkin serangga di Amazon ini akan jadi salah satu pemenangnya. Para ilmuwan percaya bahwa bentuk kepala serangga yang aneh ini merupakan evolusi sebagai bentuk pertahanan diri. Bagi predator, kepala serangga ini akan terlihat seperti kadal, dan akan membuat mereka takut.

5. Amazonian Giant Centipede

Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau lipan atau kelabang Amazon ini adalah lipan terbesar di dunia. Hewan ini bisa tumbuh dengan panjang hingga 35 centimeter.

Leave a Reply