Ingin Sukses Bermain Saham? Inilah Tips Jadi Kaya dan Sukses Ala Warren Buffett

Image result for simak tips dari pebisnis Warren Buffett

Selain menabung, Anda tentunya bisa berinvestasi saham untuk menambah penghasilan Anda. Memang risiko bermain saham lebih besar dari instrumen investasi lain. Namun peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan juga sangat besar.

Warren Edward Buffett, merupakan salah satu pebisnis yang sukses dalam bermain saham. Pria 30 Agustus 1930 ini adalah seorang investor, pengusaha, dan philanthropist asal Amerika Serikat.

Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Dia adalah orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes. Tahun 2012, majalah Time memasukkan Buffett sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Pada perjalanan ke New York City saat dia berumur 10 tahun, Buffett mengunjungi Bursa Saham New York. Pada umur 11 tahun, Buffett membeli 3 lembar saham preferen Perusahaan Utilitas Cities Service, dan membeli 3 lembar untuk kakaknya Doris Buffett (pemilik The Sunshine Lady Foundation).

Fokus pada apa yang Anda ketahui dan yang mudah dipahami

Berinvestasi lah pada bidang yang Anda minati, kuasai, dan berfokus pada produk-produk yang Anda gunakan. Berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang terhubung dengan profesi awal Anda juga cara bermain saham yang jitu dan cerdas.

Memiliki pandangan jangka panjang

Buffett pernah berkata, kepemilikan sahamnya di sebuah perusahaan adalah untuk selamanya. Dia pertama kali berinvestasi di Coca-Cola pada 1988, dan tak pernah menjual satu lembar pun sahamnya setelah itu.

Hanya berinvestasi pada manajemen yang bersih

Buffett tidak berinvestasi di perusahaan dengan manajemen yang acak-acakan. Bahkan, ketika membeli sebuah perusahaan yang gulung tikar, dia memilih agar manajemennya juga ikut. Tentu berinvestasi pada manajemen yang bersih juga membangun reputasi.

Menjaga dana cadangan

Seorang investor harus menjaga dana cadangan. Dana cadangan ini membuat investor dapat mengejar peluang investasi, sekaligus menyediakan bantalan bagi hal-hal yang tidak terduga. Dana cadangan ini lah yang selalu dimasukkan Buffett pada laporan tahunannya. Hal ini juga menjadi strategi dan cara bermain saham dengan cerdas.

Bertindak ekstrem pada waktu yang tepat

“Takut ketika orang lain serakah, dan serakah ketika orang lain takut.”

Itu lah strategi Buffett selama masa depresi besar. Artinya, berinvestasi lah dengan semangat ketika pasar sedang remuk karena Anda akan mendapatkan harga saham yang murah.

Berinvestasi pada nilai dan harga yang tepat

Buffett percaya pada investasi nilai dan dia adalah penganut teknik valuasi Benjamin Graham. Buffett biasanya memilih perusahaan-perusahaan dengan kepemilikan utang yang rendah dan return of equity (RoE) yang tinggi.

Tahu kapan membeli

Membeli saham secara perlahan dan teratur dari waktu ke waktu. Inilah cara bermain saham cerdas ala Warren Buffet yang perlu diacungi jempol. Contohnya, Buffet telah secara konsisten membeli saham Wells Fargo sejak masa resesi dan menambahkan secara bertahap kepemilikannya.

Ketahui kapan Anda membuat kesalahan

Terkadang kesalahan terjadi di luar kehendak kita. Buffett pernah bercanda tentang bagaimana dia berharap seandainya tidak pernah menjual sahamnya yang besar di Walt Disney.

Leave a Reply