BMW dan PLN Kerjasama Kembangkan Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik

Image result for bmw dan pln kerja sama bangun stasiun pengisian baterai mobil listrik

Untuk mendukung perkembangan mobil listrik di Tanah Air, berbagai persiapan sudah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun produsen otomotif. Salah satunya, yang dilakukan BMW Group Indonesia dengan menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk pengembangan charging station atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Dengan kerja sama ini, memungkinkan adanya transfer teknologi terkait pengisian baterai listrik. Pasalnya, pabrikan asal Jerman ini memberikan satu unit wallbox +, untuk dikembangkan oleh PLN agar nantinya bisa menyediakan stasiun pengisian baterai yang sesuai standar mobil listrik yang dibutuhkan.

Menurut Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, mobilitas elektrik dipastikan bakal memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha untuk meyakinkan konsumen, dan harus dilakukan sekali agar konsumen tetap loyal.

Lanjutnya, pihak BMW sangat mendukung pengembangan SPLU yang dilakukan PLN, khususnya dengan instalasi yang masif di sekitar area Jakarta Raya.

Untuk diketahui, kerja sama ini memang akan dilakukan secara berkesinambungan, mulai dari penyerahan wallbox +, workshop yang diikuti oleh pihak BMW dan internal PLN, dan terakhir ujicoba.

Pihak PLN sendiri sudah memiliki SPLU sebanyak 1.563 yang terpasang di seluruh wilayah Indonesia, dan untuk di wilayah Jakarta Raya sudah sebanyak 924 SPLU.

Jika mobil listrik sudah bisa digunakan secara massal, tentunya akan mengurangi polusi udara yang dapat mengancam kehidupan dibumi tercinta ini.

Baca juga 

Leave a Reply