Awas…Ini lho Bahayanya jika Kamu menghidupkan AC pada saat pertama masuk mobil

Hal pertama yang dilakukan saat mobil menyala adalah menghidupkan pendingin udara atau AC. Hal itu dilakukan agar kenyamanan saat berkendara terus terjaga setiap saat.

Namun, tahukah Anda jika menyalakan AC saat baru masuk ke mobil adalah hal yang membahayakan? Bahkan bisa menimbulkan penyakit berat.

Saat pertama kali masuk mobil, udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil dapat menimbulkan gejala kanker jika dihirup.

Menurut penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia, antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu di antaranya adalah benzena yang merupakan racun penyebab kanker.

Selain kanker, benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan anemia, dan menurunkan jumlah sel darah putih, bahkan bisa terkena leukimi jika terlalu sering menghirupnya.

Perlu dicatat, tingkat benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena.

Tetapi, tingkat benzena bisa naik hingga mencapai 2.000-4.000 mg jika parkirĀ  di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas.

Solusi

Guna menghindari hal yang tak diinginkan, Anda harus membuka semua kaca sebelum menyalakan AC selama beberapa menit. Setelah itu, jalankan mobil dan tutup jendela kaca Anda.

Jadi, sebelum menyalakan AC, biasakan Anda selalu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar kira-kira lima menit.

Leave a Reply