Inilah Latihan Kekuatan Otot untuk Wanita, Yuk Kita Simak…

Inilah Latihan Kekuatan Otot untuk Wanita, Yuk Kita Simak…

Saat ini tidak hanya pria saja yang rajin melatih kekuatan otot mereka, wanita juga bisa melatih kekuatan otot mereka dengan berolahraga. Meskipun Anda wanita, jangan pernah meremehkan kekuatan mental dan fisik Anda.

1. Squat

Squat jump adalah salah satu gerakan olahraga yang bisa digunakan untuk latihan kekuatan untuk wanita. Olahraga ini dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebar. Kemudian, tangan diletakkan di belakang kepala, lalu sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut tertekuk dan tidak melebihi jari-jari kaki.

Jika Anda ingin melakukan squat jump, ada baiknya Anda melakukan squat jump dengan benar dan tidak berlebihan. Kenapa? Karena sekalipun gerakan ini bagus untuk tubuh bagian bawah, tapi jika dilakukan secara berlebihan dan tidak dengan benar maka bisa mengakibatkan cedera.

2. Lunge

Apabila Anda ingin menguatkan otot pada kaki dan bokong, salah satu olahraga yang biasa disarankan selain squat adalah lunge serta berbagai variasinya. Pada dasarnya, gerakan lunge sama dengan mengambil langkah besar ke depan dimana lutut pada kaki yang melangkah ditekuk, lalu menopang berat tubuh.

Kaki belakang ikut menekuk untuk menjaga keseimbangan. Posisi ditahan beberapa detik, sebelum kaki depan melangkah kembali ke posisi berdiri. Gerakan diulang kembali menggunakan kaki sebelahnya yang ke depan.

3. Push Up

Push Up merupakan aktifitas olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, yang dikenal berguna untuk membesarkan otot-otot lengan, tangan, dan perut. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda perlu melakukan gerakan push up yang tepat.

Jangan sampai melakukan kesalahan mengangkat bagian atas tubuh dengan menggunakan otot perut, bokong, atau bagian bawah tubuh sebagai pendorong utama. Gerakan yang tepat adalah dengan mengaktifkan kekuatan otot lengan.

4. Pull up

Pull Up adalah salah satu latihan otot punggung yang dilakukan dengan bergantungan pada sebuah palang atau bar besi dan menarik tubuh sampai bahu bisa sejajar dengan bar atau palang besi tersebut. Jenis pull up yang bisa Anda lakukan adalah bent-over row, inverted row, seated cable row, biceps curl, dan lateral raise.

Leave a Reply