2018, Satelit Baru Berkecepatan Tinggi Akan Hadir di Indonesia

Image result for 2018, Satelit Baru Berkecepatan Tinggi Akan Hadir di Indonesia

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berencana membangun satelit baru yang siap diluncurkan tahun depan.

Satelit yang diberi nama PSN VI ini akan dioperasikan dan dikelola oleh anak usaha PSN, yaitu PT PSN Enam Indonesia, dengan dukungan pembiayaan dari Export Development Canada (EDC), lembaga kredit ekspor Kanada.

Rencananya, satelit ini akan mengorbit di 146 derajat Bujur Timur yang dikelola oleh PSN. Adapun satelit yang ditargetkan mengorbit pada akhir 2018 ini akan dibangun oleh Space System/Loral, perusahaan pembuat satelit asal Amerika Serikat.

Acara penandatangan kerja sama antara PT PSN Enam Indonesia dan EDC dilakukan oleh Direktur PT PSN Enam Indonesia Nedy Zachry dengan Director Infrastructure & Industrial, Structured & Project Finance EDC, Tushar Handiekar yang turut disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Sekadar informasi, total investasi untuk pembangunan satelit ini adalah US$ 20 juta, dengan rincian 70 persen itu pinjaman berasal dari EDC dan sisanya merupakan modal dari PSN.

PSN terus berupaya memenuhi kebutuhan layanan satelit yang terus meningkat dengan menambah satelit baru dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan komunikasi data maupun suara oleh masyarakat Indonesia.

PSN VI memiliki kapasitas transponder C Band dan Ku Band yang dapat menjangkau seluruh pelosok wilayah Indonesia. Nantinya, transponder C band akan digunakan untuk melayani kebutuhan cellular trunking dan komunikasi data perusahaan maupun lembaga pemerintahan.

Sementara transponder Ku Band ditujukan untuk melayani kebutuhan internet kecepatan tinggi melalui satelit. Adi menuturkan, PSN VI sebagai satelit bertipe HTS dapat memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar ketimbang satelit konvensional.

Ia juga mengatakan satelit merupakan sarana efisien untuk menjangkau wilayah yang sulit dan tak dapat dilayani jaringan infrastruktur terestrial, seperti fiber optic atau microwave link.

Leave a Reply